Tips Cara Belajar Gitar efektif simple langsung bisa | Tips Cara Sehat Alami
Latest News

Tips Cara Belajar Gitar efektif simple langsung bisa

Tips Cara Belajar Gitar efektif simple langsung bisa ,;Berikut ini adalah penjabaran belajar gitar dalam 10 jam:
Membaca artikel ini dengan seksama, 0 – 30 menit
Menit 30 – menit 60, melatih jari-jari anda membentuk 5 kunci gitar dasar. Hal ini mungkin adalah yang paling sulit. Anda harus mengingat 5 kord dasar berikut dan dapat memainkannya diluar kepala hanya dalam waktu 30 menit. Jika ini sudah mahir, anda bisa menambah untuk menghapal bentuk kord-kord gitar lainnya.
Menit 60 – menit 600, ambil gitar anda dan berlatih setiap hari selama 30 menit atau lebih. Mainkan kunci-kunci gitar yang telah anda hapalkan dengan cara menggenjreng senar gitar. Rubah bentuk jari-jari anda dari kunci gitar yang satu ke kunci gitar yang lain. Jika anda sudah cukup mahir dan dapat dengan cepat merubah bentuk jari dari satu kord ke kord lainnya, maka sudah waktunya anda mulai mengikuti lagu-lagu sederhana.
berikut ini beberapa tips cara yang dapat membantu anda untuk lebih mudah belajar gitar

1. Motivasi

Setiap orang harus punya motivasi yang kuat dalam dirinya untuk bisa berhasil. Dalam motivasi ini, dibentuk tekad, semangat serta tujuan anda. Yakinkan diri anda bahwa apa pun yang akan terjadi, jangan sampai menyerah sebelum tujuan anda tercapai. Itulah salah satu mindset yang harus  ada dalam diri anda. Jadikan itu sebagai motivasi anda. Karena anda berstatus jomblo bangkitkan lah motivasi bahwa dengan bisa bermain gitar, wanita-wanita akan bertekuk lutut pada anda. Jadi anda perlu sebuah motivasi.

2. Punya Gitar

Anda tidak harus membeli gitar tetapi wajib punya kalau ingin belajar. Punya bisa berarti anda pinjam punya teman. Keuntungan bagi para jomblo adalah bisa menyisihkan sedikit uang saku untuk membeli gitar.

3. Menyetam gitar

Sebelum main gitar, stem lah dulu supaya nada yang keluar itu terdengar enak/tidak fals. Kalau membeli gitar baru, biasanya stemannya tidak beraturan. Ada baiknya anda belajar menyetam. Memang agak sulit bahkan saya sendiri pertama kali butuh waktu 3 hari.
Aturannya sebagai berikut


Senar 1 dipetik tanpa ditekan = fret ke 5 pada senar 2 = E

Senar 2 dipetik tanpa ditekan = fret ke 4 pada senar 3 = B
Senar 3 dipetik tanpa ditekan = fret ke 5 pada senar 4 = G
Senar 4 dipetik tanpa ditekan = fret ke 5 pada senar 5 = D
Senar 5 dipetik tanpa ditekan = fret ke 5 pada senar 6 = A
Senar 6 dipetik tanpa ditekan = senar 1 tanpa ditekan = E

4. Belajar Chord Dasar

Nah setelah steman gitar kita tidak sumbang, barulah mulai latihan kita yang sebenarnya.Pelajari beberapa chord dasar. Chord di bawah ini adalah yang paling sering di gunakan. Chord-chord gitar yang lain akan saya bahas dalam artikel yang lain. Baca  ada gambar sekaligus tab dari chord-chord dasar yang bisa membantu Anda. 




5. Enjoy

Enjoy atau rileks. Beberapa kali saya mencoba membantu teman belajar gitar, seringkali jari mereka seperti terkena lem di fret gitarnya dan susah untuk di gerakkan atau berpindah ke posisi lain. Rileks saja, lembutkan pegangan anda, dengan kata lain lembut tapi tegas. 

6. Buku Lagu

Buku lagu ini menjadi hal yang sangat menunjang dalam anda bermain gitar apalagi untuk kelas pemula. Anda bisa mencari lagu-lagu kesukaan anda dan belajar memainkannya. Untuk mencari buku lagu pun tidak terlalu susah karena banyak terdapat di kios-kios buku di pinggir jalan. 

7. Sumber dari internet

Video di www.youtube.com adalah salah satu penunjang untuk bisa belajar gitar, dengan pengetahuan sedikit tentang bahasa inggris kita semakin bisa menemukan banyak pengetahuan di sana.

8. Waktu

Waktu bisa menjadi faktor penentu keberhasilan anda, semakin anda punya banyak waktu luang semakin baik untuk belajar gitar. Apalagi dengan berstatus jomblo anda mungkin bisa menghabiskan malam minggu anda dengan bermain/berlatih gitar. Berapa lama anda bermain gitar hari ini? Jadi sisihkan waktu anda untuk berlatih, anda juga bisa gunakan metode 1000 jam .

9. Giat berlatih

Nah, setelah beberapa tips di atas dilakukan dengan baik, saatnya untuk giat berlatih. Seperti anda ketika belajar menulis di bangku SD dulu, semakin anda sering dan giat  belajar menulis semakin baguslah tulisan anda. Demikian juga dalam bermain gitar, semakin sering anda berlatih semakin mahir anda untuk memainkan gitar anda, dan bersiap-siaplah besok wanita datang kepada anda untuk minta di ajari. Selanjutnya itu improvisasi anda untuk mendekati mereka. Jadi giatlah berlatih, "Practice like a crazy", kata Paul Gilbert.

10. Berdoa

Terakhir, sebelum memulai dan mengakhiri ada baiknya berdoa terlebih dahulu, supaya latihannya membawa manfaat bagi orang lain dan anda sendiri.