Tips Cara memilih Makanan Sahur dan Berbuka | Tips Lalu Cara Sehat Alami
Latest News
SELAMAT DATANG DI BLOG TIPS DAN CARA SEHAT ALAMI

Tips Cara memilih Makanan Sahur dan Berbuka

Tips Cara memilih Makanan Sahur dan Berbuka;-Puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat Islam, maka dengan datangnya bulan Ramadhan segenap umat Islam pasti akan menyambutnya dengan suka cita, pasalnya bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh hikmah. Selain kita diharuskan berpuasa di bulan Ramadhan ternyata tidak hanya menahan haus dan lapar saja, melainkan kita juga harus bisa menahan segala hawa nafsu yang mencakup nafsu makan, minum, amarah serta nafsu-nafsu negatif lainnya. Untuk itu, supaya ibadah puasa kita lancar, berikut ini tips berbuka puasa Ramadhan yang baik dan sehat.

Untuk bisa puasa kita menjadi lancar, tentunya kita harus bisa mengatur pola makan yang baik, pasalnya pola makan kita sehari-hari akan berubah bila kita sedang menjalani puasa Ramadhan. Tentunya hal tersebut setidaknya akan membuat perut dan tubuh kita harus menyesuaikan pada saat kita berpuasa. Saat berbuka puasa saja, kita dianjurkan untuk berbuka dengan pelan pelan jangan terburu-buru apalagi rakus dengan memakan segala yang ada, sehingga nantinya akan membuat perut kita kaget dan menjadi sakit karena di saat berpuasa secara otomatis produksi enzim di dalam tubuh kita akan berkurang sehingga akan berpengaruh pada sistem pencernaan di dalam tubuh.

Tips Cara memilih Makanan Sahur dan Berbuka

Tentunya kita sudah mengetahui akan datangnya waktu berbuka puasa, jadi kita bisa mengatur pola berbuka puasa kita. Yakni dengan cara memilih makanan atau minuman yang lembut dan ringan-ringan terlebih dahulu seperti

1. air putih / air zam-zam
2. jus
3. aneka kolak
4. dan kurma

untuk mengembalikan sumber energy dan nutrisi kita agar tubuh kita kembali segar dan bugar tapi jangan lupa baca doa ya teman teman .

INI DO'A NYA 
Setelah berbuka dengan makanan dan minuman yang ringan-ringan atau lembut tadi, alangkah baiknya kita melakukan sholat Maghrib terlebih dahulu agar perut kita bisa beristiraha sejenak dan tidak kaget saat nanti kita memakan makanan yang lebih berat nanti. Namun di saat makan utama nanti, diusahakan dilakukan secara perlahan serta jangan terlalu banyak apalagi kekenyangan yang nantinya bisa mengakibatkan badan lemas dan sakit perut.

Dengan pola makan berbuka yang baik dan sehat, insaalloh akan membuat puasa Ramadhan kita menjadi lancar, pasalnya, salah satu penyebab batalnya orang berpuasa adalah sakit pada lambung yang diakibatkan pola makan berbuka puasa yang tidak baik. Dengan adanya tips tadi mudah-mudahan ibadah puasa Ramadhan kita diberikan kelancaran dan berkah. Aaamiiin….