tips sehat menyembuhkan penyakit herpes zoster | Tips Cara Sehat Alami
Latest News

tips sehat menyembuhkan penyakit herpes zoster

tips sehat menyembuhkan penyakit herpes zoster,-herpes adalah merupakan penyakit yang disebabkan oleh anggota famili heportiviridae.
Cacar atau Herpes ini ada 2 macam golongan, Herpes Genetalis dan Herpes Zoster.

1. Herpes Genetalis adalah infeksi atau peradangan (gelembung lecet) pada kulit terutama dibagian kelamin (vagina, penis, termasuk dipintu dubur/anus serta pantat dan pangkal paha/selangkangan) yang disebabkan virus herpes simplex (VHS), Sedangkan Herpes Zoster atau dengan nama lain ‘shingles’ adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster yang menimbulkan gelembung cairan hampir pada bagian seluruh tubuh.

2. Herpes zoster juga dikatakan penyakit infeksi pada kulit yang merupakan lanjutan dari pada chickenpox (cacar air) karena virus yang menyerang adalah sama, Hanya terdapat perbedaan dengan cacar air. Herpes zoster memiliki ciri cacar gelembung yang lebih besar dan berkelompok pada bagian tertentu di badan, bisa di bagian punggung, dahi atau dada.

Seperti Apa Cara Penularan Penyakit Herpes Atau Cacar?

Secara umum, seluruh jenis penyakit herpes dapat menular melalui kontak langsung. Namun pada herpes zoster, seperti yang terjadi pada penyakit cacar (chickenpox), proses penularan bisa melalui bersin, batuk, pakaian yang tercemar dan sentuhan ke atas gelembung/lepuh yang pecah. Pada penyakit Herpes Genitalis (genetalia), penularan terjadi melalui prilaku sex. Sehingga penyakit Herpes genetalis ini kadang diderita dibagian mulut akibat oral sex. Gejalanya akan timbul dalam masa 7-21 hari setelah seseorang mengalami kontak (terserang) virus varicella-zoster.

Penyebab herpes Zoster

• Lemahnya sistem kekebalan tubuh yang di akibatkan karena beberapa hal seperti terinfeksi HIV dan lain sebagainya

• Hubungan yang tidak aman seperti oral seks,anal seks

• Terjadi kontak dengan air liur seseorang yang terinfeksi HSV-1

• Bayi yang di lahirkan oleh ibu yang terinfeksi HSV-2.

Gejala herpes

• Nyeri persendian atau pegal pada satu bagian tubuh

• Sering menggigil

• Sesak nafas

• Demam

• Bintik-bintik merah di kulit yang membentuk gelembung cair

• Membuat perut menjadi linu, seperti penyakit maag.
cara mengobati penyakit herpes
Cara Mengobati Herpes
Beberapa jenis obat-obatan anti virus yang bisa digunakan untuk mengatasi herpes antara lein seperti asyclovir, valasiklovir, famsiklovir. Obat-obatan tersebut khusus untuk mengobatii segala jenis penyakit yang berasal dari virus. Jadi jangan selalu berasumsi semua penyakit bisa sembuh dengan antibiotik. Karena terlalu banyak mengkonsumsi antibiotik justru akan sangat merugikan tubuh karena tubuh akan resisten dengan antibiotik tersebut. Sama halnya dengan pilek, pilek atau flu merupakan suatu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, jadi pemberian antibiotik sebenarnya kurang begitu berarti untuk sakit pilek.
Cara mengobati herpes zoster
Jika luka terasa nyeri sekali, untuk mengurangi rasa nyerinya kita bisa memberikan obat penghilang hyeri ang tergolong pada obat NSAID atau non steroid anti inflamantory dissease.  Yang termasuk dalam obat ini antara lain asam mefenamat 500mg, indometasin 25 mg, atau ibuprofen 400mg semua obat tersebut dipilih salah satu untuk diminum sebanyak 3 kali per hari. Gunakan bedak kalamin atau phenol zinc lotion. Sobat juga bisa menggunakan obat asyclovir atau obat virus yang lain seperti famsiklovir atau valasiklovir.

Jika teradi sensasi rasa terbakar atau rasa nyeri pada bekas herpes yang sudah sembuh, sobat bisa memberikan obat fenol 3-5% dalam bentuk krim atau salep selama 2-6 kali per hari. Amitriptilin 10-25 mg per hari setiap malam hari atau gabapentin 100-300 mg per hari.

tips sehat menyembuhkan penyakit herpes zoster

Herpes labial atau bibir
Kumur dengan air yang telah dicampur dengan antiseptik seperti klorheksidin 3 – 4 kali per hari, tambahkan juga pemberian salep asiklovir sebanyak 5 kali dalam satu hari.

Herpes genital
Sudah pernah lihat PK? Bukan pemandu karaoke tapi permanganat kalium, itu tuh serbuk yang warnanya agak item terus kalo di kasih air nanti warnanya berubah jadi merah. PK itu tadi di larutkan dalam air kemudian di kasih betadin nah gunain tuh air tadi untuk berendam, berendamnya nggak usah seluruh tubuh cukup area kelaminnya tadi bisa kleleb sama air atau istilah kerennya rendam duduk.

Tambahkan juga terapinya dengan minum asiklovir yang tablet, kalau masih basah kasih asiklovir yang 200 mg sebanyak 5 kali per hari (5 x 200 mg/hari) atau 400 mg x 3 kali per hari selama 7 hari. Untuk herpes yang kambuhan berikan dengan dosisi yang sama namun cukup 5 hari saja.

Itu tadi beberapa cara mengatasi herpes yang bener – bener saya dapat dari hasil kuliah mata pelajaran kulit yang di ampu oleh dosen seorang dokter spesialis kulit. haha sombong dikit yak. Selain melakukan cara diatas ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan jika sobat terkena herpes ini. Beberapa hal tersebut yaitu:

Jangan garuk area herpes
Herpes umumnya rasanya emang gatal pakai banget, tapi nget ya jangan sekali-kali menggaruk apalagi yang masih berbentuk gelembung. Karena kalau di garuk gelembungnya nanti akan pecah dan bisa menyebarkan virus herpes ke bagian kulit yang lain.

Jangan menggosok dengan handuk
Sama halnya seperti menggaruk, menggosok luka herpes dengan handuk juga akan menyebabkan gelembung menjadi pecah sehingga virus akan menyebar. Selembut apapun handuk yang digunakan jangan pernah menggosok kulit yang terkena herpes dengan handuk.

Menjaga pola makan
Bagi sobat yang alergi terhadap beberapa jenis makanan, untuk sementara hindari dulu ya. Jangan dimakan sampai herpes benar – benar sudah sembuh. Tap tetap perhatikan menu gizi seimbang.

Istirahat cukup
Usahakan untuk cukup istirahat, dengan stirahat yang cukup tubuh akan merasa segar kembali dan kita tentu akan terhindar dari stress. Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghindari stress, selengkapnya baca di cara mengatasi pikiran stress dengan mudah.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Herpes Zoster Secara Menyeluruh Tanpa Efek Samping

Herpes zoster disebabkan oleh virus varicella zoster, untuk itu, carilah obat yang mempunyai kandungan untuk membunuh virus tersebut secara permanen. Masalah herpes zoster bukan hanya mengenai virus, namun luka pada kulit menjadi masalah lain yang harus disembuhkan. Kini telah hadir Green World Nutrimax dari perpaduan extract blueberry, protein bubuk, lecitichin, serat buah dan sayuran, natto peptide, asam malat, serta kacang hitam yang telah teruji klinis kandungan di dalamnya mampu mematikan virus sekaligus luka herpes zoster dengan cepat dan menyeluruh.