Tips Sehat Mencegahan Penyakit Mata Minus | Tips Lalu Cara Sehat Alami
Latest News
SELAMAT DATANG DI BLOG TIPS DAN CARA SEHAT ALAMI

Tips Sehat Mencegahan Penyakit Mata Minus


Tips Sehat Mencegahan Penyakit Mata Minus – Rabun jauh adalah kondisi mata yang menyebabkan objek yang dekat terlihat jelas sementara objek yang jauh terlihat kabur. Kondisi ini juga disebut dengan istilah miopia. Tingkat keparahan rabun jauh sangat beragam dan berbeda-beda pada tiap penderita. Pengidap rabun jauh ringan umumnya tidak membutuhkan penanganan khusus. Sedangkan rabun jauh yang tergolong parah akan memengaruhi kemampuan melihat pengidapnya sehingga harus ditangani dengan seksama.

Gejala Mata Minus sebagai barikut :

Gejala rabun jauh dapat terjadi pada siapa saja dan dari segala umur. Tetapi kondisi ini umumnya mulai dirasakan oleh pengidapnya pada masa kanak-kanak hingga usia sekolah. Berikut ini adalah gejala-gejala rabun jauh yang muncul secara umum.

a. Pandangan kabur saat melihat objek yang jauh sehingga sering menyipitkan mata, misalnya b.kesulitan melihat huruf di papan tulis.
c.Sakit kepala karena mata bekerja secara berlebihan.
d.Frekuensi mengedipkan mata yang berlebihan
e.Sering menggosok mata.
f.Terlihat tidak menyadari keberadaan objek yang jauh.
g.Gejala tersebut perlahan-lahan akan makin parah seiring bertambahnya usia dan perkembangan mata. Misalnya pada lansia, penurunan kemampuan mata biasanya berhubungan dengan terbentuknya katarak pada lensa mata. Jika Anda atau anak Anda mengalami penurunan daya penglihatan secara signifikan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, periksakan kondisi mata Anda atau anak Anda ke dokter ahli mata.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai langkah pencegahan penyakit mata minus, antara lain :

1. Menjaga Jarak Pandang

Ini adalah sebab utama seseorang terkena mata minus rabun dekat, yakni melihat objek seperti menonton televisi secara dekat. Cara pencegahan penyakit mata minus dengan cara mengatur jarak pandang anda sampai kira-kira 50-100 cm dari layar tv. Selain itu bagi yang suka membaca buku juga usahakan tidak membaca sambil tiduran dan dengan cahaya yang kurang.

2. Konsumsi Buah Dan Sayuran

Jika anda suka atau memang diharuskan bekerja di depan komputer, maka salah satu cara pencegahan penyakit mata minus yakni dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. Sayuran yang paling direkomendasikan yakni wortel, karena wortel mengandung beta karoten dan juga Vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata selain itu juga dapat mencegah agar mata tidak rusak.

3. Melatih Otot Mata

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya yaitu salah satu penyebab mata minus disebabkan mata berfokus terlalu lama pada suatu objek seperti layar ponsel sehingga otot mata lama kelamaan akan kaku. Jadi untuk mencegahnya dengan melatih otot mata anda, cara pencegahan penyakit mata minus yaitu fokuskan mata anda pada objek yang berada jauh, lalu objek yang dekat. Lakukanlah itu dengan rutin agar otot anda tidak kaku.

4. Istirahatkan Mata

Cara pencegahan penyakit mata minus berikutnya yaitu dengan cara mengistirahatkan mata, karena jika terlalu lama maka akan terasa sakit. Pejamkanlah mata untuk beberapa menit atau jam, lalu mulailah pekerjaan anda kembali.

5. Makan Makanan Yang Mengandung Vitamin A

Makan makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, mangga, apel, dan lain-lain. Minumlah setiap hari, cara ini merupakan upaya untuk pencegahan penyakit mata minus yang sangat mudah dipraktekkan karna bahan bakunya sangat mudah ditemukan.

6. Tidak Menggunakan Kacamata

Pencegahan penyakit mata minus berikutnya adalah bila melakukan kegiatan yang tidak memerlukan fungsi mata dengan keseluruhan, lepas saja kaca mata Anda (kalau memakainya). Bila menggunakan kacamata, pilih yang gagangnya dan lensanya ringan. Supaya mata tidak cepat lelah. Ini juga salah satu cara pencegahan penyakit mata minus.

Tips Mencegahan Penyakit Mata Minus

Gejala Mata Minus Waspadai ! Oleh karena itu !
Gejala Mata Minus – Rabun jauh atau biasa juga dikenal dengan mata minus adalah kondisi dimana mata hanya mampu melihat objek dari jarak yang dekat dan akan kabur atau bahkan kehilangan fokus saat melihat objek yang jauh dari jangkauan mata. Seseorang yang menderita gangguan pada mata ini biasanya akan cenderung menyipitkan matanya untuk melihat suatu objek yang jaraknya jauh agar terlihat lebih jelas. Hal ini merupakan salah satu karakteristik utama bagi penderita mata minus.

Seseorang yang tinggal didaerah perkotaan dapat dikatakan lebih beresiko mengalami mata minus dibandingkan dengan orang yang tinggal dipedesaan. Karena kebanyakan orang perkotaan menghabiskan waktunya untuk bekerja di tempat yang jarak pandangnya cukup dekat, misalnya didepan layar komputer, membaca membaca dalam durasi yang sangat lama, dan bekerja di ruang yang sempit dan tertutup.


APA SAJA GEJALA MATA MINUS ?

a.Gejala mata minus yang pertama yaitu objek dekat bisa terlihat, sedangkan objek jauh terlihat kabur
b.Gejala mata minus yang kedua adalah mengecilkan mata ketika melihat objek jauh
c.Gejala mata minus berikutnya adalah tidak dapat melihat papan hitam dengan jelas
d.Terlalu dekat dengan buku ketika membaca
e.Gejala mata minus yang selanjutnya, yaitu Sering sakit kepala
f.Mata berair
g.Cepat merasa lelah gejala mata minus
h.Sering merasa nyeri mata
i.Gejala Mata minus yang selanjutnya, yaitu Harus menyipitkan mata untuk melihat benda-benda pada jarak wajar yang seharusnya dapat dilihat dengan mata normal
j.Sering mengeluh pandangan kabur atau berbayang ketika melihat dalam objek dalam jarak dekat atau jauh
k.Gejala Mata minus yang berikutnya, yaitu Membutuhkan jarak pandang dekat dengan objek agar terlihat lebih jelas
l.Gejala mata minus lainnya adalah jalan sering kesandung, jatuh dan suka menabrak-nabrak karena tidak bisa fokus lihat objek. Ini juga merupakan gejala mata minus.
m.Cara Mencegah Mata Minus

Mencegah lebih baik daripada mengobati kata bijak ini tentu sering kita dengar. Ada baiknya kita menerapkan kata bijak itu dalam keseharian kita agar kita terhindar dari penykit serta terhindar dari penyakit mata minus. Berikut ini adalah cara mencegah mata mins agar tidak bertambah, antara lain:

Menjaga jarak baca 40-45 cm pada buku dan jarak pandang 60 cm pada layar komputer.
Pastikan anak memakai kacamatanya secara rutin.
Makan makanan yang cukup gizi untuk kesehatan mata.
Perhatikan sistem pencahayaan saat anak beraktivitas seperti membaca dan menonton TV.
Tiap kali membaca buku, selingi dengan melihat hal yang ada di sekitar sebelum membaca lebih lanjut lagi.
Pemeriksaan rutin.
Untuk meningkatkan kesehatan mata dan untuk mencegah mata mins, sebaiknya sering mengasup makanan yang mengandung antioksidan untuk memperbaiki kerusakan pada jaringan mata. Yang juga tak kalah penting adalah beristirahat, termasuk mengurangi paparan pemakaian gadget untuk menghindari terjadinya mata minus.

Mengurangi Minus Pada Mata Dengan Lakukan Cara Alami Dibawah Ini

Mata minus merupakan gangguan yang terjadi pada mata sehingga membuat seseorang tidak dapat melihat benda pada jarak yang terlalu jauh. Masalah mata minus dapat dialami oleh siapa saja, tak peduli pria, wanita, anak-anak maupun orang dewasa. Adapun penyebab mata minus umumnya disebabkan akibat dari sering membaca dalam keadaan gelap atau tidak mendapatkan pencahayaan yang memadai, membaca sambil berbaring, TV, terkena pancaran radiasi monitor, atau ponsel dan sebagainya.
Bagi para penderita mata minus, biasanya akan disarankan untuk menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk membantu penglihatannya. Hanya saja, dua metode ini tidak dapat langsung mengurangi minus pada mata.
Lantas apa sajakah gejala mata minus?
Ada beberapa gejala yang akan dirasakan oleh para penderita mata yang minus, untuk penderita rabun jauh (miopia, mata minus), sumbu matanya terlalu cembung sehingga bayangan benda jatuh dari retina. Akibatnya, beda yang jauh tidak akan terlihat jelas. Tanpa bantuan kacamata, penderita rabun jauh akan mengalami sakit kepala dan rasa nyeri pada mata.
Gejala yang dapat menandakan bahwa anda menderita mata minus diantaranya sakit kepala (terutama dibagian depan mata), mata yang sering berair, mata perih dan berat. Kondisi seperti ini biasanya akan membaik jika mata diistirahatkan atau dengan menggunakan obat-obatan penawar rasa nyeri. Namun demikian, cara ini tidak dapat dipastikan akan bertahan lama. Lantas, bagaimana mengurangi atau mengobati mata minus?
Cara Mengurangi Mata Minus
Mata adalah jendela dunia, maka dari itu, menjaga kesehatan mata dan fungsinya agar tetap berjalan baik menjadi keharusan. Nah, berikut ini ada beberapa cara alami untuk mengurangi mata minus.

1. Konsumsi Sayur dan Buah
Apabila anda menginginkan mata minus berkurang secara alami, maka anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata. Makanan yang baik untuk menutrisi mata diantara, buah alpukat, bawang putih, bawang erah, telur, bayam, wortel, salmon serta sayuran berdaun hijau lainnya. Selain itu, konsumsi buah-buahan yang sehat ikut juga menjadi penyumbang kesehatan mata. Hanya saja jika anda kurang menyukai santapan sayur dan buah secara langsung, maka anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus atau salad.

2. Manjakan Mata Dengan Panorama Indah
Melihat barisan gunung dan hamparan laut yang dihiasi dengan tanaman hijau akan ikut membantu menurunkan mata yang minus. Untuk itu, tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk berlibur dan mengunjungi tempat-tempat dengan pemandangan dan panorama yang indah untuk mengobati dan memanjakan mata.

3. Lakukan Senam Mata
Selain beberapa cara diatas, cara lain untuk dapat menurunkan minus pada mata adalah dengan melakukan senam mata. anda dapat melakukan latihan mata setipa hari. Latihan mata atau senam mata akan berguna untuk melatih daya fokus mata anda. Latihan ini bisa anda lakukan dengan cara melihat berbagai objek pada jarak yang berbeda, kemudian kedipkan mata secara normal yakni dengan tidak terlalu cepat atau tidak terlalu lambat.

4. Penggunaan Kacamata
Kacamata bisa menjadi altrnatif terakhir yang digunakan untuk terapi mata. Penggunaan kacamata akan mengurangi silau, hanya saka menggunakan kacamata mungkin akan membatasi ruang penglihatan anda. Namun jika sudah terbiasa menggunakannya hal ini tidak akan mengganggu anda.
Nah, itulah dia beberapa cara alami yang bisa anda lakukan. Cara ini tetunya lebih sederhana dan lebih mudah diaplikasikan dibandingkan menempuh operasi mata yang akan sangat memakan banyak biaya.
 Demikian artikel ini kami buat semoga dapat ber manfaat bagi para pembaca semua, terima kasih.