Tips sehat Menghindari penyakit Meningitis | Tips Lalu Cara Sehat Alami
Latest News
SELAMAT DATANG DI BLOG TIPS DAN CARA SEHAT ALAMI

Tips sehat Menghindari penyakit Meningitis

Tips sehat Menghindari penyakit Meningitis,-Banyak orang mengira penyakit ini tidak bisa disembuhkan namun beberapa Dokter meyakini bahwa meningitis ini masih bisa di sembuhkan jika didiagnnosa sejak dini, jangan sampai telat. Sebelum kita terlalu jauh untuk tahu soal gelaja penyakit ini, ada baiknya kita mengetahui jenis penyakit apakah ini ?
Tentang Penyakit Radang Selaput Otak – Meningitis


Meningitis merupakan suatu gejala keradangan yang mengenai lapisan selaput pelindung jaringan otak dan sumsum tulang belakang dan juga menimbulkan eksudasi berupa pus atau serosa disebabkan oleh bakteri spesifik/non spesifik atau virus.

Meningitis adalah radang selaput pelindung sistem saraf pusat.
Penyakit meningitis bisa juga di sebabkan oleh bakteri dan virus yang menyebar dari luka fisik, kanker atau dari obat obatan.

Meningitis sebenarnya ialah radang selaput pelindung sistem saraf pusat.
Meningitis merupakan salah satu penyakit yang patut kita waspadai karena letaknya yang berdekatan dengan otak dan juga tulang bekang karena itu efek yang di timbulkan bisa menyebabkan kerusakan pikiran, gangguan kendali gerak yang ditakutkan lagi berdampak kematian.

Apakah Meningitis Menular ?
Ia, Meningitis mudah menular, penularan bisa di sebabkan oleh mikroorganisme, bakteri, virus maupun jamur. Jika tidak di sembuhkan secara dini maka di khawatirkan akan mengakibatkan kondisi yang fatal, diantaranya tuna ganda seperti lumpuh atau pun gangguan mental.

Media Penularan penyakit Meningitis – Radang Selaput Otak
Penyakit ini dapat menular melalui ingus dan cairan ludah ketika bersin, bicara, tertawa maupun seseorang yang batuk dan terhirup oleh orang di sekitar ketika bernafas.
Media lainnya juga bisa berupa piring dan gelas yang di bagi pakai dari si penderita. Selain itu Tisu dan handuk pun bisa saja menularkannya

Gejala Penyakit Meningitis – Radang Selaput Otak
- panas disertai gangguan neurologis seperti kejang
- Kehilangan Kesadaran
- badanya panas disertai kaku
- kaku pada tengkuk leher

Gejala Penyakit Meningitis  pada anak

-  Demam (sekitar 39ยบ C)
-  Lesu, lemah dan rewel.
-  Sakit kepala dan mata sensitif terhadap cahaya.
-  Kaku kuduk, kadang-kadang ruam kulit dan kulitnya berwarna kuning serta kejang.
-  Tidak mau makan, atau minum susu.
-  Kedinginan.
-  Menangis menjerit-jerik seperti kesakitan.
-  Ubun-ubun bayi yang masih terbuka mungkin tampak menonjol dan keras.
- Pada bayi yang mash kecil, gejala-gejala klasik bisa terlihat malas menyusu, serta tampak lesu dan lemah sekali.

Menghindari dan Pencegahan Penyakit Meningitis
Karena penyakit ini bisa menular lewat udara berupa virus dan bakteri maka ada baiknya kita menerapkan prilaku hidup sehat dengan contoh menutup mulut jika bersin ataupun batuk, cuci tangan dan imunisasi.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan jangan lupa jika anda menemui gejala diatas harap segera melakukan cek up ke dokter terdekat agar terhindar dari resiko yang terlalu jauh.


Untuk mencegah hal ini terjadi, dan mencegah virus meningitis menyebar, setidaknya ada tujuh cara yang bisa ditempuh, yaitu :

1. Vaksinasi
Meningitis umumnya diderita anak-anak yang terinfeksi virus anak-anak seperti cacar air, polio, gondok, campak, rabies dan rubella. Jadi, mendapatkan vaksin sangat penting dilakukan sejak usia dini untuk menghindari virus penyakit tersebut sekaligus menghindari meningitis.

2. Hindari gigitan nyamuk
Karena virus dapat dibawa oleh nyamuk, maka menghindari gigitan nyamuk adalah salah satu jalannya. Anda bisa mulai dengan membasmi sarang nyamuk, membersihkan selokan dan menyemprot bagian-bagian rumah yang rawan ditinggali nyamuk.

Hindari pula pergi ke kebun saat sore menjelang senja hari, karena nyamuk biasa keluar pada jam-jam itu. Jadi, selain menghindari virus meningitis, Anda juga sekaligus mencegah berkembangnya nyamuk demam berdarah.

3. Cuci tangan
Menjaga kebersihan diri sendiri bisa dimulai dengan membiasakan cuci tangan hingga bersih dengan sabun atau air hangat agar terhindar dari bakteri dan virus penyakit seperti batuk, pilek, diare, dan tidak terkecuali meningitis.

4. Disinfektan
Bersinggungan dengan penderita meningitis bisa memberikan risiko besar tertular meningitis. Untuk itu, mencuci baju dengan bersih dan merendam dalam air hangat serta pembersihan dengan disinfektan bisa menjadi cara yang bisa dilakukan.

5. Jangan menggunakan barang yang sama dengan orang lain
Meningitis yang disebabkan oleh bakteri dapat menular melalui napas, air liur serta ingus penderita. Oleh karena itu hindarilah kontak fisik dengan penderita di tempat umum. Tidak dianjurkan menggunakan benda-benda terutama peralatan makan yang sama dengan penderita. Lebih baik gunakan peralatan milik Anda sendiri dan pastikan membersihkannya dengan benar.
6. Jaga jarak dengan penderita meningitis
Menjaga jarak dengan penderita meningitis sangat diperlukan. Pasalnya, bakteri yang terdapat pada cairan hidung maupun mulut dapat menular ketika bersin atau batuk.

7. Jaga kekebalan tubuh
Menjaga kekebalan tubuh sangat diperlukan sebagai bentuk pencegahan. Mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah dan makanan berprotein dapat membantu menjaga kekebalan tubuh Anda. Anda juga disarankan untuk melakukan olah raga agar tubuh Anda semakin kebal terhadap bakteri penyebab penyakit. Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh Anda tetap fit.