Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami | Tips Lalu Cara Sehat Alami
Latest News
SELAMAT DATANG DI BLOG TIPS DAN CARA SEHAT ALAMI

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami ,-

semua orang tentu tidak mau jika mulutnya mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Bau mulut yang keluar tentu akan sangat mengganggu tidak hanya diri sendiri tapi juga orang lain. Hal itu juga akan membuat orang merasa terganggu dan juga bisa membuat malu bagi yang mengalaminya. Oleh karena itu bau mulut memang tidak seharusnya dibiarkan saja akan tetapi harus segera dihilangkan.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Bau ketiak dan bau mulut tidak sedap juga bisa menurunkan kredibilitas seseorang. Sehingga bisa memunculkan image negatif dari orang lain kalau si orang yang punya bau mulut adalah orang yang jorok dan tidak suka menjaga kebersihannya. Ini bisa menjadi masalah yang lebih besar lagi jika anda adalah seorang pebisnis yang kerjanya selalu harus berbicara dengan kolega yang tentunya membutuhkan aroma yang sedap yang keluar dari mulut.

PENYEBAB BAU MULUT IALAH

Lalu apa penyebab bau mulut? sebelum berbicara cara menghilangkan bau mulut, ada baiknya kita kenali beberapa sebab yang dapat menjadikan mulut seseorang itu bau yaitu antara lain :

1. Kurang Menjaga Kebersihkan Mulut
Yap, salah satu penyebab bau mulut adalah pola hidup anda yang kurang sehat seperti malas menggosok gigi secara rutin, misalnya tidak menggosok gigi di pagi hari, setiap sehabis makan dan malam hari, akibatnya kebersihan mulut anda tidak terjaga, banyak sisa makanan yang menempel pada gigi dan mulut anda hingga terbawa tidur dan membusuk dimulut anda. Sehingga ketika anda bangun di pagi hari, mulut anda akan mengelurkan bau tak sedap.

2. Memakan Jengkol dan Petai (Makanan dengan Bau Tak Sedap)
Kemudian penyebab bau mulut selanjutnya adalah karena memakan makanan yang berbau tak sedap seperti jengkol, petai dsb. Mungkin bagi sebagian orang jengkol dan petai adalah makanan yang wajib dihindari, namun bagi sebagain orang juga, makana tersebut adalah makanan yang sangat lezat walaupun dapat membuat nafas menjadi bau.

3. Merokok
Semua orang pasti tahu benda yang satu ini, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Selama ini kita mengetahui bahwa rokok dapat menyebabkan penyakit-penyakit ganas seperti kanker, gangguan kehamilan dan lain sebagainya. Namun ternyata rokok juga merupakan salah satu penyebab bau mulut, so, jika anda ingin sehat dan terhindar dari bau mulut, kurangi bahkan berhenti merokok sekarang juga.

4. Sariawan
Saya yakin anda pasti pernah merasakan bagaimana sakitnya saat mulut anda terkena sariawan. Biasanya kita akan melihat benjolan berisi nanah pada mulut kita. Benjolan tersebut disebabkan oleh adanya infeksi pada mulut kita dan hal tersebut juga merupakan salah satu penyebab bau mulut.

5. Lupa Sarapan Pagi
Lupa sarapan pagi ternyata menjadi salah satu penyebab bau mulut. Pada mulut kita ada yang namanya bakteri penyebab bau mulut. Bakteri tersebut bisa mati oleh air liur yang diproduksi oleh mulut kita sendiri. Pada saat kita lupa sarapan pagi, otomatis perut kita dalam keadaan kosong, dan hal terebut menyebabkan produksi air liur kita menjadi berkurang, akibatnya mulut kita menjadi bau, karena bakteri penyebab bau mulut tadi, berkeliaran dimulut kita.

6. Ada Gigi yang Berlubang
Bau mulut juga dapat disebabkan oleh adanya salah satu gigi anda yang berlubang. Jadi, maka dari itu, mulai dari sekarang rajin-rajinlah membersihkan mulut anda salah satunya dengan menggosok gigi, agar kesehatan gigi anda tetap terjaga.

Itulah beberapa penyebab bau mulut yang mungkin tidak disadari. Lalu bagaimana cara mengatasinya bila kita sudah terlanjur bau mulut? Diantara cara menghilangkan bau mulut yang bisa anda lakukan adalah:



1. Menjaga mulut anda tetap lembab. Mulut yang kering adalah sumber dari bau mulut. Air liur membantu agar mulut anda tetap lembab dan berfungsi sebagai antiseptik dan enzim yang membunuh bakteri. Itu sebabnya napas lebih bau di pagi hari karena mulut menghasilkan sedikit air liur saat tidur. Bagaimana menjaga mulut tetap lembab?

Permen karet. Selain menutupi bau dengan beberapa jenis aroma yang segar, permen karet juga merangsang produksi air liur. Tapi hindari permen rasa mints, karena mints tidak mendorong produksi air liur. Pilihlah permen karet yang berkualitas. Permen karet yang asal-asalan malah menyebabkan gigi anda sakit.
Minum air. Minumlah banyak air putih dan gunakan air dengan berkumur diantara sela-sela gigi anda. Air tidak selalu meningkatkan produksi air liur, tapi itu akan membersihkan mulut dan itu baik untuk membuat mulut anda tetap lembab.
Mulut kering dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu dan kondisi medis. Konsultasikan kepada dokter tentang obat yang anda konsumsi dan ceritakan tentang efek samping mulut anda yang kering.

2. sebaiknya jangan sering menggunakan obat kumur.
3. Menjaga kebersihan mulut dan juga gigi dengan cara gosok gigi secara teratur. Gosok gigi secara teratur bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut anda. Cobalah untuk gosok gigi sehabis makan secara teratur.

4. Hindari alkohol dan rokok karena hal tersebut tidak ada gunanya, semuanya itu dapat menimbulkan terjadinya periodontitis yang memperburuk kebersihan mulut. Alkohol bisa berpengaruh produksi air liur yang menimbulkan semakin cepatnya bakteri berkembang dalam mulut, karena alkohol dan rokok sangat mengganggu kesehatan kita.

5. Hindari mengkonsumsi makanan yang bisa menimbulkan bau mulut. Untuk sementara hindari makanan antara lain : jengkol dan petai.

6. Banyak mengkonsumsi buah-buahan. Buah terutama yang mengandung vitamin c karena vitamin C dapat membunuh pertumbuhan bakteri. Dapatkan vitamin C dari buah dan makanan lain, jangan dari suplemen, karena itu hanya justru memperparah bau mulut.
seperti jeruk, apel, pisang dll membantu memerangi bakteri di mulut. Selain buah-buahan, sayuran seperti wortel dan seledri juga bermanfaat menghilangkan bau mulut.

7. Mengkonsumsi Jus Jeruk atau Jus Nanas. Sebelum tidur, buatlah segelas jus jeruk atau jus nanas dengan air hangat. Anda bisa menambahkan satu sendok madu dan sedikit kayu manis untuk menambah rasa yang nikmat. Mengkonsumsi jus jeruk atau nanas membuat bangun pagi anda dengan napas yang segar.

8. anda harus  menjaga kesehatan mulut dengan cara menggosok gigi secara rutin dan teratur pada saat bangun tidur dan sebelum tidur. Waktu menggosok gigi di usahakan untuk menggosok bagian langit-langit mulut kita dan juga lidah, karena biasanya sisa-sisa makanan masih meninggalkan bekas dibagian tersebut. Dan usahakan untuk gosok gigi secara benar supaya tidak inveksi terhadap gusi.

9. Usahakan untuk menghindari makanan yang berbau menyengat seperti bawang, durian, atau petai dan jengkol, dan masih banyak lagi makanan yang mengandung bau tidak sedap.

10. banyaklah minum air putih yang bermanfaat untuk menjaga stabilitas air dalam tubuh dan supaya tubuh tetap segar.

11. konsumsi makanan probiotik, berguna untuk mencegah bau mulut dan membantu kesehatan pencernaan anda.

12. Kami menyarankan anda juga untuk mengkonsumsi sayur dan buah seperti Wortel, Apel, Bengkuang, Buah Per dan lain sebagainya, karena sayur dan buah memiliki banyak vitamin yang terkandung didalamnya.

14. Bahan-bahan seperti mint, kayu putih, ketumbar dan kapulaga dapat mengurangi bau mulut, tapi untuk penggunaan bahan ini harus sesui takaran.

15. Konsumsi sebuah keju untuk membantu membunuh bakteri dalam mulut kita, karena keju kaya dengan kalsium, dan masih banyak lagi yang mengadung vitamin dalam keju sehingga bermanfaat untuk meningkatkan produksi air dalam mulut, dan mengurangi tumbuhnya karang gigi yang sangat mengganggu gigi anda.

Sekian artikel ini apabila terdapat banyak kesalahan mohon maaf, mungkin anda bisa mencoba tips di atas dan tidak usah repot repot pergi ke dokter karena mulut anda bau.