cara sehat menyembuhkan penyakit amandel | Tips Cara Sehat Alami
Latest News

cara sehat menyembuhkan penyakit amandel

cara sehat menyembuhkan penyakit amandelm-Banyak orang hanya mengetahui, satu-satunya cara yang dapat ditempuh untuk menghilangkan penyakit amandel adalah melalui pengobatan medis. Namun ternyata, tidak perlu harus selalu menggunakan obat-obatan yang diberikan oleh dokter, karena pada dasarnya amandel dapat disembuhkan dengan berbagai macam bahan alami dan mudah untuk anda temui.
Berikut adalah beberapa makanan dan minuman sehat yang dapat membantu menyembuhkan radang amandel secara alami,seperti dilansir Boldsky.
1. Bubur
Bubur lebih mudah ditelan dibanding nasi biasa.Anda juga dapat menambahkan rempah-rempah seperti cengkeh untuk menyembuhkan tonsilitis.
2. Bayam
Sayur bayam bisa menyembuhkan infeksi tenggorokan.Jangan lupa tambahkan sedikit bubuk lada hitam.Selain lezat,sayur bayam juga dapat menyembuhkan tenggorokan yang gatal dan sakit.
3. Kentang tumbuk
Ini adalah makanan yang efektif untuk menyembuhkan tonsilitis.Kentang tumbuk juga membuat kenyang lebih lama lho.
4. Jahe
Jahe merupakan salah satu makanan yang efektif untuk mengobati tonsilitis dan infeksi tenggorokan lainnya.Anda dapat membuat minuman jahe hangat dan menambahkan beberapa tetes madu untuk menyembuhkan amandel.Jahe juga efektif dalam mengobati batukkering.
5. Madu
Anda dapat membuat minuman madu hangat atau mencampurnya dengan bubuk lada hitam untuk menyembuhkan tonsilitis.
6. Lemon dan madu
Ambil segelas air(kondisi suam-suam kuku),tambahkan beberapa tetes madu dan perasan jeruk lemon/nipis.Aduk rata dan minum.
Inilah enam makanan yang dapat mengobati masalah radang amandel secara alami.Jika keluhan Anda semakin parah,segera konsultasikan dengan dokter.



Cara sehat Mengobati Amandel tanpa Operasi
Sebenarnya tanpa operasi amandel masih bisa disembuhkan. Sebelum membahas bagaimana cara mengobati amandel, sobat juga perlu tau apa saja tanda – tanda dari amandel yang meradang tersebut. Beberapa tanda amandel yang meradang itu antara lain adalah:

1. Amandel atau tonsil berwarna kemerahan
2. Pusing
3. Kesulitan bernafas dan menelan makanan
4. Demam
5. Nafas bau
6. Suara serak atau bindeng
7. Mual kadang disertai muntah

Cara sehat Mengatasi Amandel Dengan Bahan Alami
Dengan bahan alami amandel yang masih bersifat ringan masih bisa disembuhkan dengan bahan alami, bahkan juga bisa sembuh dengan sendirinya. Hal – hal yang perlu sobat perhatikan agar amandel yang meradang segera sembuh antara lain yaitu:
1. Perbanyak Minum Air Putih
Perbanyak asupan air putih sobat, dalam sehari minimal sobat harus minum 8 gelas air putih, jika dalam kondisi yang sakit sobat harus minum lebih banyak. Agar racun yang berada di dalam tubuh cepat keluar bersama dengan urine saat BAK.

2. Perbanyak Konsumsi Vitamin C
Kita tahu bahwa vitamin C selain berfungsi untuk menceraahkan kulit juga berfungsi memperbaharui sel – sel tubuh yang rusak karena kita sakit. Dengan memperbanyak konsumsi vitamin C daya tahan tubuh akan semakin baik dan sobat akan cepat sembuh dari sakit.

3. Cara Mengobati Amandel dengan Mengkudu
Bahan yang perlu dipersiapkan antara lain 2 buah mengkudu yang sudah matang dan madu murni secukupnya. Cara membuat ramuan ini antara lain buah mengkudu yang sudah matang dicuci bersih lalu ditumbuk dan disaring di ambil airnya. Air perasan tersebut tambah dengan sedikit air hangat, taruh di dalam gelas dan  campurkan dengan madu lalu aduk sampai rata.  Sebelumnya gunakan ramuan tersebut untuk kumur lalu minum. Lakukan setiap 3 kali dalam sehari.






4. Cara Mengobati Amandel dengan Jeruk Nipis
Bahan yang perlu sobat sediakan antara lain 3 buah jeruk nipis dan air kapur sirih secukupnya. Cara membuatnya antara lain jeruk nipis diperas dan diambul airnya lalu campur dengan sedikit kapur sirih, aduk sampai merata. Minum menjelang tidur lakukan selama 3 malam berturut – turut.






5. Cara Mengobati Amandel dengan Daun benalu

Daun benalu yang berada pada pohon jeruk nipis juga dapat membantu tubuh menyembuhkan peradangan pada bagian amandel. Ditambah Adas Pulo Waras secukupnya, dapat membuat ramuan buatan sendiri untuk mengobati peradangan pada amandel ini.
Berikut ini langkah – langkah pembuatannya :

Tumbuk daun benalu dan adas pulo waras sampai halus

Saring hasil tumbukan
Seduh dengan air panas Minumlah air tersebut secara rutin

   
6. Cara Mengobati Amandel dengan Bawang Merah

Bawang merah memiliki sifat anti inflamasi, yang artinya bisa meredakan rasa panas dan peradangan yang menjadi penyebab amandel. Cara menghilangkan amandel secara alami dengan memanfaatkan bawang merah, hanya perlu mengupas bawang merah dan mengunyahnya, lalu telanlah. Hal ini akan membantu anda untuk menyembuhkan peradangan yang terjadi pada amandel.


7. Cara Mengobati Amandel dengan Madu

Madu memang memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Namun ternyata madu pun memiliki manfaat untuk menyembuhkan radang amandel yang anda derita. Madu dapat dikonsumsi begitu saja atau bisa juga dicampur ke dalam beberapa jenis obat-obat herbal. Hal ini akan membantu menyembuhkan gejala radang amandel yang diderita.






8.  Cara Mengobati Amandel  dengan Kulit Manggis

Kulit manggis juga memiliki khasiat yang baik dalam menyembuhkan radang amandel yang diderita. Berikut ini bahan-bahan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan radang amandel  dengan menggunakan kulit manggis :

Bahan :

15 kulit manggis kering
Air
Cara Pembuatannya :

Rebus kulit manggis kering hingga mendidih
Tunggu hingga dingin
Berkumurlah dengan menggunakan air tersebut, ingat, hanya dikumur saja dan jangan anda minum.

9.  Cara Mengobati Amandel  degan Jahe

Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi gejala-gejala yang dapat ditimbulkan oleh radang amandel yang diderita.

Buat air rebusan jahe untuk mengobati radang amandel
kemudian dapat ditambahkan dengan madu atau bahan lainnya
lalu minumlah secara teratur, maka radang amandel anda akan segera sembuh.
Selain itu, manfaat jahe juga sangat baik untuk mengurangi gejala asma untuk melegakan tenggorokan.
Itulah beberapa cara menghilangkan amandel secara alami dengan ramuan obat-obatan herbal. Ramuan pengobatan ini dapat terus digunakan sebagai obat alternatif  pengganti obat yang diberikan oleh dokter. Namun hal ini juga perlu dikonsultasikan oleh dokter agar lebih aman.
Tips Penyembuhan Amandel

cara menghilangkan amandelNamun, selain menggunakan obat-obatan alami penyembuh radang amandel, penderita juga harus memperhatikan kondisi tubuh dan konsumsi makanan serta asupan gizi agar radang amandel anda tidak bertambah parah. Berikut ini yang dapat anda lakukan untuk membantu penyembuhan radang amandel :

Istirahat yang cukup –Istiarahat sangatlah penting bagi tubuh anda. istirahat dapat membantu anda mengembalikan stamina dan daya tahan tubuh anda agar radang amandel yang anda derita tidak menjadi semakin parah.
Hindari makanan yang bersifat pedas dan panas
– Bahaya makanan pedas dan bersifat panas, akan mempertparah kondisi radang amandel. Jadi harus bisa menhindari jenis makanan yang pedas dan berlemak tinggi, seperti sambal, gorengan, gulai dan jenis makanan lainnya.
Konsumsi makanan lembek
 – Agar asupan nutrisi anda tetap terjaga, maka anda perlu mengkonsumsi makanan-makanan yang menyehatkan, namun memiliki tekstur yang lembek, lunak dan encer. Anda bisa mencoba mengkonsumsi jus buah dan jus sayur, atau anda juga bisa mencoba es krim yang bisa membantu mendinginkan bagian mulut dan tenggorokan.
Perbanyak minum air putih
 – Jangan lupakan air putih. Air putih merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh anda. air putih memiliki manfaat salah satunya adalah untuk mencegah keringnya bagian tenggorokan dan juga untuk menambah daya tahan tubuh, agar tidak merasa lemas.
Beberapa tips penyembuhan amandel ini bisa anda coba untuk menyembuhkan radang amandel ini. Namun perlu diingat, apabila radang amandel anda sudah masuk ke dalam kategori kronis, maka tidak ada pilihan lain selain melakukan operasi. Operasi pada bagian amandel mungkin berisiko, namun itulah satu-satunya cara untuk menyembuhkan amandel yang sudah akut.