Cara terbaik diet pola hidup sehat | Tips Cara Sehat Alami
Latest News

Cara terbaik diet pola hidup sehat

 Cara terbaik diet pola hidup sehat  ,-Hidup sehat merupakan kebutuhan setiap insan manusia. Bagaimana hidup sehat itu? Banyak cara yang dapat dilakukan untuk hidup sehat. Banyak faktor yangmempengaruhi hidup sehat. Diantaranya lingkungan, pola makan, gaya hidup dan lain-lain. Salah satu cara hidup sehat adalah menanamkan pola hidup sehat pada diri sendiri dalam keseharian.

Sebagai seorang manusia tentunya kita semua ingin hidup dengan sehat dan terjauh dari penyakit. Hanya saja banyak orang yang beranggapan bahwa hidup sehat itu tidaklah begitu enak dijalani. Tapi, bukannya itu lebih baik jika kita harus terkena penyakit akibat hidup dengan pola yang tidak sehat ?

Lalu bagaimana dengan pola hidup sehat itu sendiri ? Pola hidup sehat adalah sebuah gaya hidup sehat yang diterapkan oleh seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Gaya hidup sehat tersebut meliputi 3 faktor uama yang sangat penting yaitu asupan nutrisi yang tepat, olahraga yang teratur dan juga manajemen stress masing-masing individu.

Manfaat akan pola hidup sehat

Manfaat Akan Pola Hidup Sehat ~ Mengapa kita harus sadar akan pola hidup sehat untuk tahun-tahun kedepannya? Pastinya dan yang paling jelas adalah kita semakin tahun ketahun akan dihadapkan pada berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya. Mungkin Dijaman Ibu kita dulu tidak ada penyakit HIV namun sekaran ada bukan? semakin canggih teknologi, berarti semakin banyak juga kita dihadapkan akan berbagai macam penyakit.

Dan dijaman yang sudah tua seperti ini, memang banyak sekali penyakit baru yang berbahaya yang bisa saja menyerang tubuh kita, penyakit ini juga tidak pandang bulu melihat anak-anak ataupun udah tua ( ya jelaslah penyakit gak pandang bulu heheh bercanda sedikit).

Oleh karena itulah kita dituntut untuk menjaga atau sadar akan pola hidup sehat dan higenis yang harus anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari anda, dan usahakan rubah gaya hidup sehat anda mulai dari sekarang dan sesegera  mungkin.

Jika anda perokok hilangkanlah atau kurangi rokok anda, jika anda peminum minuman keras buang jauh jauh kebiasaan hidup tak sehat ini dan jika anda seseorang yang gemar mengkonsumsi makanan cepat saji, mulai dari sekarang biasakan mengkonsumsi makanan yang kita buat sendiri atau cari restoran sehat. Kesadaran inilah yang bisa membuat hidup anda semakin enak, semakin sehat dan semakin nyaman.

Sebenarnya Apa sajakah manfaat yang bisa kita dapat jika kita melakukan pola hidup sehat? Tentunya banyak sekali dan yang paling utama hidup anda bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, dan dibawah ini merupakan sebagian manfaat yang bisa anda dapatkan dari kesadara pola hidup sehat.

Umur Yang panjang,- Memang Umur yang mengetahui hanyalah yang kuasa (allah) dan tidak ada makhluk lain yang bisa memberikan umur lebih panjang atau sebaliknya didahulukan umurnya untuk menghadapnya. Namun apakah kita pernah mempunyai angan-angan atau pemikiran tentang pola hidup kita? pola hidup yang tidak sehat sekarang ini bisa saja mengancam kita sewaktu-waktu.Oleh karena itu mulai dari sekarang usahakan anda menghindari berbagai pola hidup yang tidak sehat. Sebaliknya jika anda sudah melakukan pola hidup sehat tingkatkanlah pola hidup anda, sehingga anda bisa terbebasdari sakit.

Menghindarkan Diri dari Penyakit,- Orang yang memiliki kebiasaan pola hidup sehat tentunya akan lebih kebal terhadap berbagai penyakit, jika disbandingkan orang yang tidak memiliki kesadaran pola hidup sehat. Mereka biasanya akan terkena berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya.

Dapat Menjaga Fungsi Tubuh,- Tubuh manusia haruslah selalu dijaga kesehatan dan kebugarannya. Hidup anda akan terasa lebih berarti ketingga anda memiliki fungsi tubuh yang baik bukan? Tentu untuk mendapatkan fungsi tubuh yang baik ini anda harus melakukan hal hal yang berkaitan dengan pola hidup anda.

http://tipslalucaramu.blogspot.com/
Tidur Pulas Dan Nyaman,- Jika anda sudah menjalankan pola makan sehat, dan olahraga yang teratur, walaupun anda hanya melakukan olahraga naik turun tangga kantor berkali-kali, maka hal ini bisa membuat tubuh kita lelah dimalam hari, dan tentunya tidur anda akan menjadi lebih pulas dan nyaman, sehingga dipagi harinya badan anda akan fresh dan segar lagi.

Tampil Lebih Baik,- Jika dilihat dari berbagai segi bentuk tubuh, baik dilihat dari rambutnya, muka, mata, dan postur tubuh, tentunya orang yang melakukan pola hidup sehat akan tampak lebih fresh dan nyaman untuk dipandang. Beda dengan orang yang melakukan pola hidup tak sehat seperti minum-minuman keras memakai obat-obatan terlarang, seorang yang melakukan pola hidup tak sehat seperti itu akan terlihat pucat dan ta menarik sekali untuk dipandang.

Dapat berfikir lebih Positif dan berfikir sehat,- Saat anda sehat tentunya fikiran anda akan lebih berkembang dan mudah bukan? Tentu saja sangat berbeda jika keadaan anda sedang sakit pikiran yang ada hanyalah rasa pusing, oleh karenanya mulailah dari sekarang untuk melakukan pola hidup sehat.

Bagaimana pola makan yang sehat itu ?

Cukup : Semua kebutuhan energi yang dibutuhkan oleh manusia haruslah tercukupi dengan asupan makanan yang tepat

Seimbang : Setiap makanan yang anda konsumsi haruslah seimbang, misalnya anda mengkonsumsi daging merah yang kaya akan zat besi, jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan kalsium anda dengan minum susu

Terkontrol : Buatlah pola makan anda terkontrol, tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan

Untuk mewujudkan ketiga hal diatas, anda bisa melihat pada gambar ilustrasi mengenai asupan nutrisi yang tepat untuk tubuh anda (Gambar : Myplate)

Asupan Nutrisi yang Baik dan Tepat,- Asupan nutrisi pada manusia bisa didapatkan melalui makanan, minuman, dan juga vitamin. Jadi pada point pertama ini ditekankan bagaimana kita mengatur pola makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh kita.

Ada yang bilang bahwa orang-orang tua atau orang zaman dahulu memiliki tubuh yang lebih sehat bahkan usia yang relatif lebih panjang daripada orang zaman sekarang. Bisa jadi itu benar adanya, karena jika kita lihat pola makan dan minum orang zaman sekarang yang rata-rata terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat serta kurang mengkonsumsi serat.

Bisa anda lihat bahwa pada ilustrasi Myplate diatas ada 5 hal penting yang harus anda penuhi untuk asupan nutrisi anda yang diantaranya :

Penuhi nutrisi pada setengah piring anda dengan konsumsi buah-buahan dan juga sayur-sayuran, Untuk yang setengah piring lagi, penuhilah dengan mengkonsumsi protein dan karbohidrat, Jangan lupa juga sertakan susu ke dalam menu nutrisi anda.

Maka tidaklah heran jika banyak sekali penyakit-penyakit seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker dan diabetes banyak menyerang orang disegala usia.

Ilustrasi makanan sehat,- Banyak orang yang ingin hidup sehat melakukan diet. Kebanyakan pandangan mereka diet itu tidak makan. Padahal, diet itu adalah tata cara mengatur pola makan. Jika diet dikatakan tidak makan yang berat-berat seperti nasi, dan bahan pokok lainnya itu salah besar. Karena tubuh kita sangat butuh asupan energi. Sedangkan energi itu diperoleh dari karbohidrat yang terdapat pada biji-bijian. Entah itu biji padi, biji jagung atau biji gandum.

Menanamkan pola hidup sehat pada diri sendiri itu amat penting. Selain dapat menanamkan kedisiplinan pada diri sendiri,  juga dapat menjadi panutan lingkungan sekitar. Banyak langkah yang dapat kita lakukan dalam mengatur pola hidup sehat. Bisa dikatakan, di internet berjibun resep-resep pola hidup sehat. Bisa juga kita lihat di blog-blog  yang bertebaran di dunia maya. Walaupun demikian, saya mempunyai cara hidup sehat yang bisa dicoba terapkan dalam keseharian.

Hindari Penyakit, Dengan Pola Hidup Sehat

Olahraga Secara Teratur,- Olahraga Untuk Pola Hidup SehatSelain asupan nutrisi yang tepat, tubuh juga perlu aktivitas fisik yang cukup untuk menjaganya tetap dalam kondisi sehat dan prima. Dengan aktivitas fisik tersebut, sangat mungkin untuk mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, darah tinggi, diabetes, dan juga obesitas. Sama halnya seperti makanan, aktivitas fisik yang dilakukan oleh tubuh haruslah sesuai dan dilakukan secara teratur. Lalu untuk itu perlu anda ketahui beberapa manfaat olahraga bagi tubuh :

    Olahraga dapat mempercepat proses regenerasi metabolisme dan sel-sel tubuh yang lainnya
    Olahraga akan membuat jantung anda bekerja lebih baik
    Dengan olahraga, anda bisa membakar lemak pada tubuh anda dan menguruskan badan anda
    Sering berolahraga dapat membantu anda dalam melawan penyakit seperti jantung, stroke, diabates, dll.

Manajemen Stress yang Baik,- Manajemen Stress Untuk Pola Hidup SehatTidak cukup dengan asupan nutrisi serta aktivitas fisik yang teratur, manusia juga harus bisa mengelola tingkat stress yang dimiliki. Pernah mendengar ini “Didalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat” ? Mungkin itu bisa jadi benar adanya, karena tingkat stress yang tinggi pada seseorang dapat menyebabkan munculnya resiko penyakit seperti stroke, hipertensi, dan juga penyakit jantung.

Maka dari itu, penting rasanya untuk bisa memanajemen stress apalagi untuk anda yang tinggal didaerah perkotaan yang biasanya tingkat stressnya jauh lebih tinggi. Ada beberapa cara yang bisa anda coba lakukan untuk mengurangi tingkat stress anda :

    Olahraga : Banyak orang yang meluapkan emosi atau perasaannya dengan berolahraga, sadar atau tidak dengan berolahraga seseorang akan merasakan efek relaksasi pada pikiran sehingga bisa mengurangi tingkat stress
    Bersosialisasi : Sediakan waktu anda lebih banyak untuk bersosialisasi baik itu dengan teman, kerabat, dan juga keluarga anda. Biasanya dengan bersosialisasi, seseorang dapat mengurangi tingkat stress yang ada pada dirinya
    Refreshing : Selain itu, anda juga perlu melakuan refreshing. Carilah tempat yang nyaman menurut anda dan biasanya jauh dari keramaian untuk melakukan relaksasi pikiran anda

Berikut tips dari bangun tidur sampai tidur lagi dari saya

Bangun Pagi,- Bangun tidur dipagi hari akan membuat kita mempunyai waktu bekerja lebih banyak dibanding bangun siang. Bangun lebih pagi membuat kita tidak malas untuk bekerja. Misal, bangun tidur bisa langsung melaksanakan kegiatan seperti ibadah, masak, menyuci piring, mengepel, dll.

Olahraga yang cukup,- Olahraga dipagi hari yang paling murah yaitu lari-lari pagi atau dengan jalan kaki. Jika ingin lebih mudah yaitu dengan menyelesaikan pekerjaan rumah seperti menyapu dan megepel maka ini sudah merupakan olahraga. Bisa dengan cara lain, ke tempat fitnes namun lebih mahal dibanding olahraga seperti yang saya sarankan tadi.

Sarapan Pagi,- Sarapan pagi penting bagi nutrisi tubuh karena tubuh akan diperas energinya untuk bekerja disiang hari. Baik pekerja maupun siswa sarapan pagi sangat penting untuk energi dan nutrisi tubuh. Kita sering menjumpai pekerja yang lemas dipagi hari bisa jadi dia lemas karena belum sarapan. Untuk itu jangan sampai melewatkan sarapan pagi. Jarak sarapan pagi dan bangun tidur jangan terlalu jauh.

Makan-makanan 4 sehat 5 sempurna,- Sejak TK kita di beri pendidikan pada guru kita sampai-sampai ada lagunya yang tiap hari dinyanyikan waktu TK. Ternyata empat sehat lima sempurna penting bagi tubuh. Selain mengandung gizi dan vitamin, juga menjaga kita dari penyakit yang mungkin timbul disebabkan karena kelemahan sistem imun kita.

Minum air putih secukupnya,- (2 liter perhari atau 8 gelas per hari) Banyak orang yang mengabaikan minum air putih. Mungkin mereka tidak suka karena air putih tanpa rasa. Biasanya lebih suka minum es. Jika minum es, perut kita akan mudah kenyang sehingga malas untuk makan. Berbeda dengan minum air putih, tidak menahan perut dari kekenyangan. Oleh sebab itu baiknya minum air putih sbelum makan sangat dianjurkan.

Saya kalau bepergian biasanya membawa botol air sendiri. Saya biasanya membeli air mineral aqua karena selain sudah terjamin kebersihannya dengan beberapa kali penyaringan. Kalau tidak pakai air mineral saya lebih sering memasak air sendiri untuk di tuang ke botol. Hal ini untuk menghindari bakteri air yang belum mati.

Kesusahan buat mengatur 8 gelas hari itu diminum kapan saja?

1. Di minum saat bangun tidur 1-2 gelas

2. Sebelum atau sesudah makan 1 gelas logikanya kalau tiga kali makan berarti sudah 3 gelas sehari

3. Waktu bekerja sediakan air 1 botol  yang 600 ml saja biar cepat habis (aqua atau merek lain). 600 ml berkisar 2 gelas

4. Ketika habis buang air kecil atau besar 1 -2 gelas. Cairan kita terbuang sebagai ganti yang terbuang maka kita minum air

Nah jadinya udah 8 gelas kan?

Istirahat sejenak yang berkualitas, Di siang hari maka sempatkanlah barang sejenak untuk tidur atau istirahat karena tubuh kita butuh istirahat selain itu, otak kita juga butuh sitirahat. Cukup sejenak saja kita beristirahat untuk meregangkan otot-otot dan sendi-sendi tubuh. Namun istirahat yang sebentar tersebut harus berkualitas. Maksudnya benar-benar istriahat. Jika tidur cukup tidur 10 menit berkualitas lebih baik  daripada 1 jam tidak berkualitas.

Tidak jajan sembarangan,- Bagi pekerja tau seorang pelajar godaan ini sangat besar. Bagi saya, kebiasaan saya adalah tidak jajan sembarangan hal ini sudah ditanamkan oleh orangtua saya agar menjaga pola hidup sehat. Jajan yang sehat dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit yang ditularkan lewat jajan sembarangan. Ada tips untuk menghindari jajansembarangan yaitu membawa bekal makanan dari rumah. Atau memilih pesan makanan pada warung makan yang terpercaya dekat tempat bekerja.

Menghindari stress,- Untuk pekerja jika sudah pulang dari pekerja maka pekerjaan yang ditugaskan pada hari itu harus selesai pada hari itu juga jangan dibawa kerumah karena dapat menimbulkan stress. Penyakit yang ditimbulkan dari stress antara lain adalah asam lambung meningkat atau sering disebut maag.

Kurangi Komputer/Hp,- Posisi duduk untuk melakukan pekerjaan atau bersantai dengan komputer juga perlu diperhatikan. Sekarang ini zaman serba internet untuk itu kiat juga harus waspada terhadapnya. Misal, duduk didepan komputer secara benar. Jika tidak maka akan menimbulkan berbagai penyakit tulang baik itu kifosis, lordosis maupun skiolosis.Untuk menyiasatinya duduk tagap sekitar jarak  komputer jangan terlalu dekat mata; setiap setengah jam perlu merilekskan diri yaitu dengan minum, atau berjalan-jalan sebentar atau memandang benda di sekitar. Lalu, untuk yang maniak smartphone juga jangan terlalu lama di depan HP atau memegang HP. Biasanya orang yang sudah tergila-gila pada smartphone tidurpun membawa HP. Membaca  sambil tidur ini juga perlu dihindari demi kesehatan mata.

Jauhkan elektronik sebelum tidur,- Mematikan atau menjauhkan benda elektronik seperti Hp adalah penting agar tidur kita nyenyak. Sekarang ini, orang sulit lepas yang namanya HP. Jika bentar-bentar ada panggilan atau pesan masuk maka tidur akan terganggu. Selain itu, radiasi yang dikeluarkan oleh barang elektronik perlu di waspadai.

Tidur malam lebih awal, Jangan terlalu larut malam tidurnya karena jika kekerungan istriahat akan menggangu kerja kita di esok hari. Tidur lebih awal juga membuat kita bangun lebih pagi untuk melakukan aktivitas.

Masih banyak yang dapat dilakukan untuk menjaga pola hidup sehat dari bangun tidur hingga tidur lagi.

Namun, beberapa tips di atas cukup mudah diterpakan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut saya hidup sehat itu bukan berbadan langsing ataupun kurus tetapi hidup yang bebas dari berbagai macam penyakit baik fisik maupun psikis. Oke, selamat mencoba!
cara diet sehat dengan menurunkan berat badan

Mulailah sekarang juga,- Menurunkan berat badan tak cukup hanya bermodalkan niat. Anda perlu tekad dan semangat baja. Bagaimana berat bisa turun, kalau Anda tak kunjung memulainya?

Pasang target yang masuk akal,- Tetapkan target di awal program. Tak usah muluk-muluk. Turun berat badan 0,5 kg per minggu adalah ideal. Bila drastis justru berbahaya bagi kesehatan. Untuk tambahan motivasi, gantunglah hot pants atau celana jins favorit Anda yang sudah lama ngumpet di lemari, di tempat yang mudah terlihat.

Tak perlu terlalu ketat,- Anda tetap butuh 1.200-1.500 kalori per hari agar tubuh tetap prima. Membabat kalori hingga tersisa 600 sampai 800 kalori per hari akan memperlambat proses metabolisme tubuh. Jika metabolisme berjalan lambat, kesempatan lemak menimbun dalam tubuh pun makin besar. Bukannya langsing, malah penyakit yang datang.

Percepat makan pagi,- Jangan menghapus makan pagi. Sebuah penelitian mengungkapkan, 4.000 orang Amerika dewasa yang berhasil menurunkan berat badannya sekitar 15 kg dalam setahun  adalah mereka yang tak pernah lupa sarapan. Biasakan sarapan pukul 9.00 cobalah digeser menjadi pukul 7.00 agar proses pembakaran energi dimulai lebih cepat.

Jangan asal sarapan,- Mulailah hari dengan sarapan 300-400 kalori, tapi bukan dengan makanan berlemak tinggi. “Pilihlah setangkup roti gandum panggang isi dadar 1 butir telur, ditambah 1 mangkuk salad. Atau, 100 gram nasi dengan 1 potong ikan ditambah 1 mangkuk sayur,” saran dr. Pauline Endang SpGK, dokter spesialis gizi klinis di Jakarta.

Kunyah makanan 36 kali,- Coba hitung, berapa jumlah kunyahan Anda sewaktu makan? Jika kurang dari 36 kali, cobalah tambah. Makin lama Anda mengunyah, makanan akan lebih mudah dicerna, Anda pun akan lebih mudah merasa kenyang.

Perbanyak minum air putih,- “Kurang minum bisa memperberat kerja ginjal yang dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi. Hal ini dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh,” kata dr. Endang. Jika Anda rajin minum air putih 1,5 liter atau 8 – 10 gelas per hari, tanpa diet apa pun, maka dalam waktu satu tahun bobot Anda bisa turun hingga 2,5 kg.

Lebih banyak serat,- Serat juga punya peran besar dalam mengusir lemak. Makin banyak serat yang masuk dalam tubuh, volume feses akan makin cepat membesar karena serat bersifat menyerap air. Orang dewasa perlu 21 gram serat per hari. “Jika Anda biasa makan buah dan sayur, tambahlah porsinya menjadi 5 mangkuk per hari. Bagilah dalam 5 kali makan,” anjur dr. Endang.

Buah saja tak cukup,- Anda akan mudah kelaparan kalau hanya makan buah atau sayur. Masukkan 15%-20% protein di setiap menu Anda untuk meningkatkan metabolisme. Sistem pencernaan butuh energi untuk melakukan proses metabolisme. (f)

Diet Sukses dengan menu sehat

Menu diet sehat kerap kali dilupakan oleh sebagian orang yang sedang melakukan diet. Nah, salah satu tips diet yang akan kami paparkan kali ini adalah makanan yang diperlukan dalam diet. Sering kali ladies hanya berpikir bahwa diet berarti tidak makan. Padahal menu diet yang dikonsumsi sangat berpengaruh pada keberhasilan dari diet tersebut. Menu diet yang tidak sehat misalnya sehari hanya makan sekali dengan menu satu piring berisi nasi putih dan paha ayam goreng. Menu diet tidak sehat tersebut tidak akan membuat diet Anda berhasil, meskipun Anda hanya makan satu kali dalam sehari. Menu diet berikut merupakan menu diet yang sederhana yang cocok Anda konsumsi tiap harinya.

Sarapan Pagi. Sarapan pagi dalam diet biasa dilakukan pukul 7 pagi. Kurangi konsumsi kuning telur dan ganti dengan paprika, bawang merah, atau jamur. Pada saat sarapan, Anda juga harus mengurangi konsumsi gandum dan sereal. Yang dimaksud mengurangi bukan berarti menghilangkan makanan tersebut dari menu. Anda boleh mengonsumsi sereal dengan porsi yang lebih sedikit dari biasanya. Porsi yang hilang dari konsumsi sereal tersebut akan lebih baik jika diganti dengan bermacam buah-buahan seperti apel, melon, pisang, dan strawberry.

Makan Siang. Lakukan pada pukul 12 siang. Makan siang dikatakan baik dan sehat jika sebagian besar menu yang Anda konsumsi adalah sayur-sayuran. Kurangi porsi dari karbohidrat, misalnya mengurangi makan mie dan nasi pada siang hari. Karbohidrat yang masuk ke tubuh dikurangi dengan mengonsumsi beberapa sayuran seperti asparagus, sawi, tomat, dan timun.

Makan Malam. Mengonsumsi menu makan malam biasanya dilakukan pada pukul 7 malam. Konsumsi semangkuk sup bening dengan bermacam sayuran di dalamnya atau sepiring salad segar  terdiri dari paprika, selada, tomat dengan salad dressing yg rendah kalori.

Camilan atau Selingan Snack. Snacking cocok dilakukan pada pukul 10 pagi atau pukul 4 sore. Selingan snack yang Anda konsumsi tidaklah sembarangan. Snack yang dikonsumsi haruslah snack yang sehat serta cocok dikonsumsi pada saat diet. Misalnya jagung manis dan talas yang dikukus. Buah-buahan juga cocok untuk dijadikan camilan diet sehat Anda. Catatan: Jangan lupa untuk terus minum air putih! Kosumsi air untuk tubuh Anda minimal 8 gelas sehari.

Menu diet sehat diatas dapat Anda lakukan setiap hari. Hanya saja, lakukan variasi pada menu yang Anda makan tanpa harus mengurangi gizi yang masuk ke dalam tubuh. Misalnya, menu sarapan pada Hari Senin Anda adalah roti gandum dan satu buah apel. Pada menu sarapan Hari Selasa Anda, cobalah lakukan variasi. Misalnya sepertiga mangkok sereal dengan buah pisang.

Sebenarnya untuk menjalani pola hidup sehat tidaklah begitu sulit, hanya saja terkadang orang hanya memiliki niat namun sulit untuk memulainya. Untuk dari itu, mulailah hidup sehat mulai dari sekarang, karena sehat itu berada ditangan anda, bukan ditangan orang lain.